Tuesday, November 3, 2009

meracau di tengah malam buta

ke mana si batman?
ga jelas ini yang nanya si robin atau joker.

joker jelas adalah musuh besarnya yang selalu kangen dan dikangenin batman.
robin? di gotham sih dia dikenal sebagai sidekick-nya batman. di kota lain mungkin batman adalah sidekick-nya robin.

dua tokoh komik yang gue kagumi. apanya yang patut dikagumi dari tokoh peran pembantu?
jelas konsistensi mereka.
tanpa keberadaan mereka, batman malah ga ada apa-apanya. cuma lelaki berjubah kelelawar yang lompat-lompat gedung tiap malam berharap ada cewek cakep yang butuh pertolongan.
tanpa keberadaan mereka, mungkin bruce wayne tidak bertahan lama jadi batman.
seperti yesus yang ga akan disalibkan kalo tuh orang-orang yahudi ga kekeuh dengan pendapatnya.
atau seperti gandhi yang ga akan terkenal kalo pihak inggris mau terbuka dan peduli.

jelas mereka yang patut dihargai. tapi toh mereka tidak gila penghargaan.
joker malah dibenci [kecuali ama gue];
robin malah hampir terlupakan. sejarah mencatat ada 4 orang yang pernah menjadi robin selama bruce wayne adalah batman: dick grayson, jason todd, tim drake, dan stephanie brown [iya, ini cewek.. keren!]. robin yang terakhir tercatat adalah damien wayne, ini tuh malah anaknya bruce wayne yang menjadi robin dan tim drake sebagai batman-nya [tuh kan.. sidekick atau pahlawan cuma sebutan yang tergantung lu ada di kampung mana dan di waktu kapan].

jadi sebenarnya ada lima, tapi siapa yang ingat? siapa yang tergila-gila dengan mereka? bahkan dick grayson harus menjadi nightwing dulu baru kemudian ia digandrungi.

trus gue mau jadi yang mana?
enggak dua-duanya juga sih.
kagum sama tokoh ga membuat gue ingin jadi tokoh itu sendiri. sadar bahwa ada sesuatu di tokoh itu yang gue ga punya, sadar bahwa banyak yang ga ada di tokoh itu tapi semuanya gue punya.
gue mau jadi gue aja. itu uda cukup. syukur-syukur kalo ada yang kagum sama gue.

-----------------------------------------

trus di mana si batman?
mungkin malam ini ia ingin beristirahat. capek juga tiap malam lompat-lompat gedung.. untung juga dia punya sidekick kayak robin, jadi ada teman ngobrol sambil lompat-lompat gedung.
mungkin malam ini ia ingin berkencan dengan catwoman atau poison ivy. tidak ingin diganggu

ya, biarkan malam ini robin yang lompat-lompat sendirian.
biarkan saja malam ini joker beristirahat.. atau sekali-kali lah menikmati bulan dengan tenang bersama harley quinn, plus sok romantis dengan candle light dinner.

ya... biarkan robin malam ini melompat-lompat sendirian.
menikmati dinginnya malam sendirian.
biarkan kali ini robin yang menolong cewek cakep yang butuh pertolongan.. lagipula batman uda terlalu tua, jadi biarkan yang muda maju. biarkan dia merasakan pengalaman yang serupa.
siapa tahu malam ini robin bakal ketemu 'joker' untuknya, atau 'catwoman' untuk dipeluknya.

kemana si batman?

sudahlah.

No comments:

Post a Comment