Friday, May 1, 2009

Mobil Terbang

Sebuah perusahaan bernama Terrfugia, yang terletak di Woburn, Massachusetts, Amerika Serikat, telah berhasil menciptakan mobil terbang. Transition, nama mobil terbang itu, dijanjikan akan diproduksi massal dan bahkan kini sudah habis dipesan walaupun produksinya belum berjalan.
Transition memiliki dimensi tinggi 2,1 m, lebar 2 m, dan panjang 5,7 m setelah sayapnya dilpat. Bentuknya pun cukup unik, seperti gabungan antara mobil sedan dan pesawat pribadi kecil [chase aircraft] lengkap dengan ekor dan baling-baling, dan sayap di samping. Baling-baling dan sayapnya akan terlipat dan terkunci secara otomatis ketika mode darat sedang digunakan.
first flight chase plane transition road transition gas station
Pemindahan dari mode darat ke mode terbang cukup mudah, cukup dengan menekan satu tombol yang ada di kabin. Namun, mobil ini membutuhkan ruang kosong sepanjang 520 m untuk lepas landas, walaupun mendaratnya hanya butuh beberapa ratus meter. Mobil yang mampu menampung 2 orang ini diklaim mampu menempuh kecepatan 185 km/jam ketika sedang berada di udara.
Untuk penyimpanannya, Transition tidak membutuhkan banyak ruang. Dengan ukurannya yang lebih kecil dibandingkan mobil-mobil SUV, ia bisa disimpan di dalam garasi, tentunya jika sayapnya dilipat.

transition garage

Untuk mendapatkannya, ada dua persayaratan utama: 1. membayar uang reservasi sebesar 10ribu dollar Amerika, dan 2. memiliki lisensi pilot.

Tertarik? Untuk informasi lebih lanjut bisa cek ke: www.terrafugia.com

Referensi berita dan gambar:
www.terrafugia.com
http://sains.kompas.com/read/xml/2009/01/16/0845442/mobil.terbang.dibanderol.rp.17.miliar.mau

No comments:

Post a Comment