Sunday, November 2, 2008

YEEEEEEELL GUUUUUUUUUYS....!!!! [pengalaman psycamp #1: 2001]

Jam 9 malam lewat. Akhirnya sampai juga kami di tempat tujuan. Subang. Sagalaherang.
Gelap. Satu-satunya sumber cahaya hanyalah lampu sorot dari 5 tronton yang mengantarkan kami ke tempat ini [well yeah.. itu berarti ada 5 sumber cahaya ya?].
Segera setelah mengambil tas kami masing-masing, penanggung jawab tronton langsung membariskan kami di pinggir tronton. Satu per satu, senter mulai menyorot kemana-mana.
"Oke, sekarang kita akan menuju lokasi. Masing-masing kelompok akan dipandu satu orang advanced. Jangan lepas dari barisan yaaaa...," teriak seorang cowok yang entah siapa gue ga kenal namanya.
Agak lama kelompok kami menunggu giliran untuk berjalan. Kami adalah kelompok tronton 3, kalo gue ga salah ingat. Masing-masing tronton dihuni oleh sekitar 20 mahasiswa, dari berbagai angkatan. Dari angkatan gue sendiri ada 7-10 orang, lalu ada angkatan 2000, '99, 'dan '98. Saat itu, angkatan gue adalah angkatan baru di psikologi, jadinya pasti lebih banyak jumlahnya dari pada jumlah tiap-tiap angkatan yang lebih tua.
"Mon, lu bawa ini ya," entah siapa gue lupa berteriak di samping barisan kelompok kami, "hati-hati, jangan rusak. Kalo ga, kita ga makan ntar."
Gue berjalan ke arah buntelan karung goni yang ditunjuk. Kol dan berbagai macam jenis sayuran, paling banyak sih kol. Tidak terlalu berat juga untungnya.
Akhirnya giliran kelompok kami yang berjalan. Menapaki jalan mendaki yang rada berbatu. Aku tidak bisa melihat sekelilingku, terlalu gelap. Lima menit berjalan, kami berbelok ke arah kiri meninggalkan jalan setapak tadi dan mulai memasuki hutan.Tidak lama juga kami berjalan di hutan yang dipenuhi bambu itu. Keluar hutan kami disambut oleh pemandangan sawah di malam hari. Terlihat jelas siluet orang-orangan sawah dan beberapa saung di kejauhan. Wow..!
Terdengar suara raungan genset. Tampaknya lokasi kemping sudah dekat. Sekitar 10 menit kami berjalan menyusuri sawah-sawah itu dan akhirnya tiba juga di lokasi.
Kalo ga salah ada 3 tenda empat tiang, 1 tenda 3 tiang, dan 1 pondok bambu. Lampu neon menyala terang. Ada 2 lampu di masing-masing tenda. Sangat terang benderang untuk ukuran kemping [setidaknya berdasarkan pengalaman gue sebelumnya].
"Selamat datang. Yang cowok di tenda pinggir sana, yang cewek di tenda yang di tengah. Silahkan cari tempat masing-masing aja ya," kata advanced yang memandu kami.
Tenda cowok berada di dataran yang miring. Sangat miring. Terus terang, bukan tempat yang nyaman untuk ditiduri...tadinya gue mikir gitu, tapi taunya tetap aja bisa tidur. Kalo ga percaya, tanya aja boyo dan seto!
Setelah mengistirahatkan kaki beberapa menit, gue bersama beberapa cowok 2001 yang lain menghampiri tenda cewek. Lalu duduk di depan tenda mereka... ya iyalah, lu ga boleh masuk ke tenda cewek.
Sisa malam itu gue habiskan dengan ngobrol di depan tenda cewek bareng anes, moko, mega, karin, ciput, dan entah siapa lagi.

Memperhatikan barang-barang yang ada di tenda cewek membuat gue terpana. Macam-macam isinya. Barang yang gue ga pernah sangka akan gue liat di tenda kemping, ada di situ: koper tarik dan high heels. Hancur berantakan konsep kemping gue.
Tapi setidaknya nongkrong di tenda cewek membuat lu ga akan kelaparan. Banyak banget snack yang mereka bawa. Lu cuma modal duduk sambil ngobrol uda dapet makanan, syukur gue bisa mijit jadi bisa dapet lebih.

Jam 5 pagi, mario, anak '98 yang ga pernah pasang senyum, tiba-tiba teriak pake toa sambil duduk di panggung kayu kecil di depan depan tenda cewek.
"Woy....! Gue punya tebakan. Agamanya ikan apa ayo?"
Semua terdiam.
Satu persatu mulai kelar dari tenda, ikut nongkrong di depan tenda cewek.
Semua masih terdiam.
"Agamanya ikan tuh katolik. Kan ada ikan paus!"
Semua ketawa kencang. Mario terus memberikan tebakan garing sampe akhirnya ada yang bermain gitar. Sesi menyanyi pagi hari dimulai.
Kegiatan di hari Sabtu itu berjalan sangat seru. Asli seru banget. Abis sarapan, angkatan baru dikumpulin terus dibagi 6 kelompok. Masing-masing kelompok dikasih tugas nyari orang di angkatan tua dengan ciri-ciri tertentu. Misalnya: cari yang ketauan bawa rexona pas ospek. Lu ubeg2 dah tuh seluruh tenda, nanya ke siapa yang ada dengan catatan lu musti kenalan dulu ama yang orang yang pengen lu tanyain. Hasilnya, lu kenal deh sama yang ikut-ikut psycamp, mulai dari yang masih kuliah sampe yang taunya uda lulus bertahun-tahun yang lalu.
Terus baksos deh. Jalan keluar dari lokasi menuju desa. Gue waktu itu bantuin pasar murah, jadi tim keamanan bareng ama lukas, anes, boyo, ami. Rame abis. Yang dijual tuh baju, celana, selimut, ama tau deh apa lagi. Jualan ludes semua. Laris manis! Abis itu, foto2 bareng ama warga. Belakangan gue tahu bahwa uang hasil pasar murah itu diserahkan kembali untuk pembangunan desa itu.
Abis baksos, balik lagi ke lokasi. Makan siang. Terus nyanyi-nyanyi lagi di depan tenda cewek bareng mario, danti, ama tau deh siapa lagi.. banyak banget! Sesi nyanyi siang itu temanya lagu-lagu balairung: rayuan pulau kelapa, pahlawan muda.. you name it, we've sang it!

Lokasi kempingnya ternyata kalo lu liat di hari terang keren banget. Ada tebing tinggi di pinggir kanan, sungai di kiri dan depan, trus ada hutan di belakang. Pondok bambu yang gue liat tadi malam, taunya dapur. Di sungai sendiri ada 2 bilik bambu yang letaknya berjauhan. Yang satu kamar mandi, satu lagi kakus. Di antara dapur ama tenda cewek ada satu galian yang taunya adalah tungku api unggun. Gue ga perhatiin ada api unggun tadi malam. Ya iyalah... asik ngobrol [ehem!]

Tau-tau uda mulai gelap. Angkatan baru dikumpulin lagi, masih dalam kelompok tadi siang. Kami dibriefing buat jurit malam. Setiap kelompok diharuskan mencari 2 orang dari angkatan tua buat jadi pemandu. Kelar briefing, makan malam deh.
Jurit malam dilaksanakan mulai jam 9. Tiga kelompok jalan bergiliran hutan, tiga yang lain bergiliran ke arah seberang sungai. Kelompok gue jalan ke seberang sungai. Ada 5 pos resmi dan 1 pos bayangan. Tiap pos tuh kegiatannya beda, mulai dari nebak nama, tebakan garing, sampe kenalan ama angkatan yang uda bangkotan [ini sih kayaknya gara-gara mereka tetap mau eksis aja... peace, bang...hehehe].
Kelompok gue tiba lagi di lokasi jam 11. Kelompok yang terakhir. Istirahat bentar, trus dikumpulin lagi di depan tenda cewek. Berdiri di depan kami tuh ada lisa [lu angkatan berapa, lis?], emilio '99], aryo ['00], alis [angkatan berapa ya?], dan siapa lagi ya gue lupa. Belakangan gue tahu bahwa yang berdiri di depan adalah para jendral-jendril dari setiap angkatan.
Kali ini kami dikenalkan dan belajar untuk bisa melakukan YELL GUYS!, yell yang menjadi spirit psikologi.. ga ada tuh di fakultas lain. Kalo ada mah palingan juga cuma "hip, hip, hore!" ato "yo yo yo!". Ga ada deh yang sekeren YELL GUYS!.
Belajar YELL GUYS! itu kayak tai. Teriakannya musti satu nada. Gue ingat banget si moko sampe disamperin lisa gara2 teriakannya sumbang, terus disuruh lantunin doremifasol kenceng-kenceng.
Ada kali 2 jam kami teriak-teriak. Sampe akhirnya jendral-jendril itu puas. Tapi sesi YELL GUYS! belum kelar. Masih ada pemilihan jendral dan jendril buat angkatan kami. Prosesnya memakan waktu yang juga luamyan lama. Setelah melewati beberapa tahap, terpilihlah andra dan westi.

Ternyata, sementara angkatan baru belajar YELL GUYS!, para advanced sibuk bakar kambing di api unggun. 2 ekor, bos! Cukup banget buat semua. Begitu sesi YELL GUYS! kelar, kambing guling langsung tersedia. Lengkap dengan kecapnya.
Anak-anak angkatan tua dengan sigap langsung maju ke dapur, sementara sebagian besar angkatan gue berjalan ke tenda menyusul boyo dan seto yang uda tidur sejak latian YELL GUYS!. Yang gue ingat, cuma alfin, dipan, moko, ama gue yang bertahan melek di depan tenda cewek sambil sesekali ke dapur ngambil jatah kambing.
Jam 6 pagi, mario mulai berkoar-koar lagi dengan toanya. Bersatu dengan angkatan tua lainnya mario mulai nyanyi buat angkatan gue. Lagunya cuma satu dan diulang-ulang: kopi seember. Dari lagunya jelas kalo angkatan tua minta dibikinin kopi seember. Beneran seember. Mereka baru ganti lagu setelah tuh kopi seember benar-benar selesai dibuat. Mencret-mencret dah tuh mereka.

Ga kerasa, uda siang. Mulailah kami beres-beres. Mulai dari beresin tas sendiri, sampe melipat rapi tuh tenda-tenda pleton. Abis itu foto-foto deh, tentunya!

Pulang.

Sampe di kampus tuh sekitar jam 9 malam. Kami kumpul di lapangan parkir, bikin lingkaran gede trus doa bareng. Abis itu mulai deh nyanyi "Hymne Psikologi", yang tentunya kemudian disambung dengan: YEEEEELLL GUUUUUUYYS....!!!!
"Psi, psy, psy, psy, cho, cho, cho, psycho! Lo, lo, lo, gy, gy, gy, logy! PSYCHOLOGY, Yeaaahhh!!!"

********

[ada banyak detail yang ga ter-retrieve dari memory gue soal psycamp '01. entah emang gue lupa, ato emang gue ga mau tulis. yang pasti, gue jadi banyak kenal sama anak-anak angkatan tua, dan ga cuma sekadar kenal. setelah psycamp, kami jadi sering ngobrol dan becanda bareng. dan tau kalo ternyata mario tuh adalah makhluk tergaring di psiko, setelah pakde tentunya!]